Materi TIK Kelas XII
- Langkah-langkah membuat kartu nama :
1.
BukaCoreldraw
- New - Buatlah kotak menggunakan Rectangle Tool dengan
ukuran 9 x 5,5 cm (salah satu ukuran standart kartu nama)
Kotak dengan ukuran 9 cm x 5,5 cm
- <<read
more>>
2.
Klik
pada objek kotak menggunakan Pen Tool kemudian perhatikan
properti bar diatas,Pada propertis Corner Roundness ganti 0 menjadi
5 yang
bertujuan agar sisi pojok pada kotak agar lebih melengkung…
Properties Pen Tool
3. Klik Fill Tool - Pilih Fountain Fill Dialog (menberikan
warna
gradient pada objek)
Setelah itu Muncul Panel seperti berikut:
Pengaturan Fountain Fill
Ganti beberapa propertis yang diberi tanda diatas :
- Type : Gradient
- Angle : -90
- From : Blue
- To : Cyan
- Tekan tombol OK
4. Butlah persegi panjang (kotak dengan garis kuning) dengan
menggunakan BEZIER TOOL, Sehingga membentuk objek
seperti gambar dibawah ini:
5. Klil Pada SHAPE TOOL kemudian Blok
Objek (1) > KLIK KANAN – TO CURVE (agar garis
tersebut dapat dilengkungkan)
6. Tarik Garis Lurus tersebut
hingga melengkung sesuai dengan keinginan anda
Beri warna pada objek tersebut sesuai keingginan anda
kemudian...
7. Pilih INTERACTIVE TRANSPARENCY TOOL untuk
memberikan efek transparan pada objek (1)
8. Klik pada Objek 1 kemudian Tarik Garis hingga
membentuk transparansi objek seperti dibawah ini:
9. Kemudian buat 2 garis Lurus menggunakan BEZIER
TOOL seperti gambar dibawah dan ulang efek seperti langkah di
atas..
- Terakhir tambahkan Teks sesuai dengan apa yang
ingin anda isikan dalam kartu nama tersebut..hingga menjadi kartu
nama
yang berguna dan bermutu
8.membuat logo AC Milan
- Langkah
- Langkahnya:
- Aktifkan Ellipse
Tool (F7) kemudian
buat objek elips dan beri warna merah. kemudian buat objek elips
lagi tapi
ukurannya lebih kecil dengan warna putih dan letakan ditengah elips
merah. Tips : agar tepat
berada di tengah-tengah, pilih saja kedua objek (elips merah dan
putih)
kemudian tekan huruf P pada keyboard.
<<read
more>>
- Masih
dengan ellips tool, buat objek lingkaran sambil menekan ctrl agar
objek benar-benar bulat. Kemudian kita belah menjadi dua dengan Knife
Tool dengan cara klik di Garis atas dan bawah lingkaran.
Setelah menjadi dua bagian, beri warna merah untuk sebelah kiri dan
putih
untuk kanan.
- Aktifkan Graph
paper tool (D) atur dengan columns=6 dan rows=1 pastikan
snap to object sudah di centang (View-Snap To Object).
Buatlah diatas setengah lingkaran merah seperti ini.
- Drag
dari P1 ke P2 dengan Pick Tool
kemudian pilih Intersect
pada tool bar kemudian delete Graph
paper-nya.
- Pilih
setengah lingkaran merah kemudian ungroup (Ctrl+U) atau pada
menu Arrange-Ungroup dan beri warna hitam pada
bagian a, b dan c.
- 6. Dengan Rectangle
Tool (F6) kita
buat dua objek persegi panjang seperti gambar di bawah dan letakan
di atas
objek setengah lingkaran putih.
Pilih kedua persegi panjang tersebut, caranya pilih P1 kemudian
tekan dan tahan Shift pada keyboard dan pilih P2.
Kemudian di Weld
Pilih setengah lingkaran putih dan objek yang kita Weld
tadi,
kemudian pilih Intersect dan
beri warna merah.Delete hasil weld-nya.
7. Selanjutnya kita buat lingkaran yang sedikit lebih besar
dari
lingakaran pertama,
kemudian gunakan fasilitas Fit Text To Path yang
berada pada Menu Text, kita tuliskan "ACM"
dengan jenis font Verdana kalo ukurannya disesuaikan saja.
Kemudian gunakan Pick Tool untuk memilih Text
Orientation-nya menjadi
Selanjutnya pisahkan objek lingkaran dan tulisan ACM (Arrange-Break
Text Apart) dan hapus lingkarannya.
8. Untuk membuat tulisan "1899" sama seperti membuat
"ACM" hanya Path-nya bukan lingkaran tapi garis lengkung.
Caranya : aktifkan Pen Tool klik di
kanan dan kiri (untuk mengakhiri tekan ESC),
dengan Shape Tool (F10) klik satu kali pada
garis kemudian pilih Convert Line To Curve
Pada garis tengah klik dan drag ke bawah, jika sudah
lengkung
gunakan Fit Text To Path pada Menu Textdan
ketikan "1899" (font=Arial, ukuran=disesuaikan sendiri)
kemudian Arrange-Break Text Apart dan hapus path
lengkungnya.
- Tool Box di Coreldraw
1. Pick Tool = Untuk menyeleksi, mengubah ukuran, dan juga memutar
arah
objek gambar.
2. Shape Edit
a) Shape : Menyunting bentuk objek gambar.
b) Smudge Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan
menarik
garis tepinya.
c) Roughen Brush : Mengubah / mendistorsi keseluruhan outline
bentuk
gambar dengan menarik garis tepinya.
<<read more>>
d) Free Transform Tools : Mengubah objek gambar menggunakan
rotasi(pemutaran posisi) bebas, rotasi sudut, mengubah ukuran dan,
dan
juga memiringkan bentuk gambar.
3. Crop Tool
a) Crop : Menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam objek.
b) Knife : Mengubah / mendistorsi keseluruhan gambar dengan menarik
garis
tepinya.
c) Erase : Menghapus area dalam gambar.
d) Virtual Segment Delete : Menghapus suatu bagian objek yang
berada dalam
persinggungan(interseksi).
4. Zoom
a) Zoom : Mengubah perbesaran gambar dalam jendela gambar.
b) Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela
gambar.
5. Curve
a) Freehand : Menggambar segmen atau kurva dalam bentuk garis
tunggal.
b) Bezier : Menggambar kurva dalam bentuk garis tunggal per titik
(node).
c) Artistic Media Tool : Memunculkan fungsi pembuat bentuk(pena),
seperti
brush(efek kuas dengan pola pulasan tertentu), Sprayer(efek cat
semprot),
Calligraphic(efek pena kaligrafi), dan Pressure(efek pena teknik
yang akan
membentuk garis tepi tanpa lengkung).
d) Pen : Menggambar kurva dalam sebuah segmen pertitik(node).
e) Polyline : Menggambar garis dan kurva dalam modus preview.
f) 3 Point Curve : Menggambar kurva dengan menentukan titik awal
dan
akhir, lalu titik pusat kurva.
g) Interactive Connector : Menggabungkan dua objek dengan sebuah
garis.
h) Dimension : Menggambar garis secara vertical, horizontal,
bersudut, dan
miring.
6. Smart Tools
a) Smart Fill : Untuk menciptakan objek dari sebuah area lalu
mengisikannya dengan warna atau tekstur.
b) Smart Drawing : Untuk mengubah coretan pointer yang anda gambar
ke
bentuk dasar atau bentuk yang wujudnya lebih halus.
7. Rectangle
a) Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak.
b) 3 Point Rectangle : Untuk membentuk segi dan kotak dengan
menyusunnya
per titik.
8. Ellipse
a) Ellipse : Untuk menggambar elips dengan lingkaran.
b) Hand : Mengatur bagian gambar yang tampil di dalam jendela
gambar.
9. Object
a) Polygon : Untuk membentuk polygon dan bintang secara simetris.
b) Star : Untuk membentuk bintang.
c) Complex Star : Untuk membentuk bintang dengan bentuk yang lebih
kompleks dengan persinggungan sudut.
d) Graph Paper : Untuk membentuk serupa tabel atau susunan
kotak-kotak
seperti pada kertas gambar teknik.
e) Spiral : Untuk membentuk spiral(per) secara simetris dan
logaritmis.
10. Perfect Shapes
a) Basic Shapes : Menyediakan aneka bentuk jadi seperti
segidelapan,
smiley face, hingga segitiga.
b) Arrow Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk tanda panah
dengan
aneka variasi bentuk, arah, dan jumlah kepala panah.
c) Flowchart Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk
flowchart(bagan).
d) Banner Shapes : Untuk memudahkan menggambar bentuk pita dan
symbol
ledakan.
e) Callout : Untuk memudahkan menggambar bentuk balon bicara dan
label.
11. Text Tool = Untuk membuat teks langsung di area gambar baik
yang
berfungsi sebagai teks artistic
maupun keterangan.
12. Interactive Tools
a) Interactive Blend : Untuk membentuk segi dan kotak
b) Interactive Contour : Untuk membentuk segi dan kotak dengan
menyusunnya
per titik.
c) Interactive Distortion : Untuk mendistorsi objek secara
push/pull,
zipper, dan twister.
d) Interactive Drop Shadow : Untuk menyisipkan bayangan ke dalam
objek.
e) Interactive Envelope : Untuk mengubah bentuk objek dengan
menarik
titik(node) pada outline.
f) Interactive Extrude : Untuk membentuk ilusi kedalaman pada
objek.
g) Interactive Transparency : Untuk menyisipkan efek transparan
pada
objek.
13. Eyedropper
a) Eyedropper : Untuk menyeleksi dan menyalin property yang terkait
dari
sebuah objek, seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan
garis,
ukuran, dan efek.
b) Paintbucket : Untuk menerapkan property yang terkait dari sebuah
objek,
seperti warna(isi dalam objek), garis, ketebalan garis, ukuran, dan
efek;
yang diambil lewat eyedropper tool, ke objek lainnya.
14. Outline
a) Outline Pen Dialog : Untuk mengakses boks dialog outline pen.
b) Outline Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan
warna
outline.
c) No Outline : Untuk menghilangkan outline dari sebuah objek.
d) ½ Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis ½ point.
e) 1 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 1 point.
f) 2 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 2 point.
g) 8 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 8 point.
h) 16 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 16 point.
i) 24 Point Outline : Untuk membentuk ketebalan garis 24 point.
j) Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan
warna dan
outline objek.
15. Fill Tools
a) Fill Color Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengaturan
cat(pengisi
bagian dalam objek) dari sebuah objek.
b) Fountain Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi warna
dan
gradasi ke dalam objek.
c) Pattern Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi pola
ke dalam
objek.
d) Texture Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi
tekstur ke
dalam objek.
e) Post Script Fill Dialog : Untuk mengakses boks dialog pengisi
gambar
post-script ke dalam objek.
f) No Dialog : Untuk menghilangkan unsur pengisi dari sebuah objek.
g) Color Docker Window : Untuk membuka docker untuk pengaturan
warna dan
outline objek.
16. Interactive Fill
a) Interactive Fill : Untuk mengisi aneka fill(pengisi objek) ke
dalam
sebuah objek.
b) Interactive Mesh : Untuk menerapkan garis-garis jejaring pada
objek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar